Sperma Yang Baik

Sperma Yang Baik – Sperma diproduksi ketika mulai memasuki masa pubertas sampai seumur hidupnya. Pria mulai memproduksi sperma umumnya pada usia 15 tahun atau mulai mengalami mimpi basah atau keluar air mani. Umumnya pria mampu memproduksi sperma ratusan juta sperma setiap harinya atau sekitar 20 – 40 juta sel sperma.

Sperma yang Baik

Sperma diproduksi di dalam testis, kemudian sperma menjuju bagian testis yang disebut dengan Epididymis yakni tempat untuk menyimpan sperma untuk mendapatkan nutrisi yang diperlukan sperma agar menjadi sperma yang matang dan siap untuk dikeluarkan. Kemudian sperma akan bergerak melalui dari masing-masing testis hingga ke belakang kandung kemih yang kemudian bergabung bersama dengan seminal vesicle yang berfungsi untuk mengeluarkan air mani. Kemudian sperma dialirkan kembali melaui ejaculatory ducts yang terdapat di dalam kelenjar prostat, yang kemudian menghubunugkan dengan saluran uretra yang akan mengeluarkan sperma atau air mani ketika terjadi ejakulasi atau rangsangan seksual.

Sperma Yang Baik

Sperma Yang Baik

Produksi sperma membutuhkan waktu 2 bulan pada saat awal siklus produksi sperma, namun apabila terjadi gangguan atau kerusakan pada siklus awal produksi sperma akan berdampak pada hasil akhir di sperma dewasa yang dapat menimbulkan masalah kesuburan meskipun telah melakukan pemeriksaan tidak terdapat tanda-tanda gangguan kesuburan sperma pada pria.

Seorang dokter spesialis akan mengambil contoh 3 sperma yang diambil di waktu yang berbeda untuk memeriksa tingkat kesuburan sperma dari hasil ejakulasi serta dapat mempengaruhi fungsi dan pergerakan sperma. Pengambilan contoh dari sperma yang diambil di waktu yang berbeda guna untuk menghitung beberapa variabel seperti suhu dan juga mencegah dari kesalahan pemeriksaan. Berikut ada 6 faktor yang dapat mempengaruhi hasil dari pemeriksaan tingkat kesuburan sperma :

  1. Konsentrasi sperma (sperma/milliliter atau cc)
  2. Morfologi sperma (pemeriksaan bentuk sperma dimana bentuk yang normal identik dengan sperma yang sehat)
  3. Pergerakan sperma (mobilitas, dihitung pergerakannya dengan %)
  4. Tes cairan mani (dilihat dari kekentalan & warnanya)
  5. Jumlah sperma yang bergerak
  6. Volume cairan (jumlah air mani saat ejakulasi)

Analisa Sperma

Pemeriksaan sperma yang baik juga dilakukan melalui Hasil Pemeriksaan Sperma yang normal menurut WHO (Organisasi Kesehatan Dunia yang juga memiliki pedoman dalam menganilisis sperma yang baik dan normal, sebagai berikut :

  1. Volume total cairan lebih dari 2 ml
  2. Konsentrasi sperma paling sedikit 20 juta sperma/ml
  3. Morfologinya paling sedikit 15% berbentuk normal\
  4. Pergerakan sperma lebih dari 50% bergerak kedepan, atau 25% bergerak secara acak kurang dari 1 jam setelah ejakulasi
  5. Adanya sel darah putih kurang dari 1 juta/ml
  6. Analisa lebih lanjut (tes reaksi antiglobulin menunjukkan partikel ikutan yang ada kurang dari 10 % dari jumlah sperma)

Air mani atau semen bagi pria adalah salah satu hal yang menentukan kehidupan seksnya. Di dalam air mani atau semen ini ada jutaan sperma yang akan menentukan tingkat kesuburannya. Bagi pria yang mengalami ereksi dan ejakulasi yang kuat dengan air mani yang banyak adalah suat kehidupan seks yang menyenangkan. Memang ada beberapa orang secara alami berbakat untuk menghasilkan air mani dalam jumlah yang besar. Masalahnya tidak semua pria menghasilkan air mani yang banyak karena produksi semen juga sangat dipengaruhi oleh cara hidup.

Ciri-ciri sperma sehat adalah jika jumlahnya mencapai 20 juta per milimeter semen (air mani). Dari 1 juta sperma, hanya sekitar 200 ekor yang mampu mencapai sel telur di rahim. Dan hanya satu pemenangnya yang bisa membuahi sel telur tersebut. Kualitas sperma yang bisa dilihat dari bentuk dan pergerakannya. Bentuk sperma yang baik adalah yang berkepala oval atau lonjong dengan ekor yang panjang dan berujung lancip.

Gerakan sperma untuk mencapai sel telur menunjukkan kualitasnya. Sperma yang baik berenang maju secara lurus dan acpeta. Sedangkan sperm yang tak sehar bergerak lambat dan tidak terarah.

Hal yang bisa dilakukan dalam mendapatkan sperma yang baik adalah hubungan seksual yang dilakukan secara teratur. Namun teratur yang dimaksud disini adalah bukan dilakukan setiap hari. Namun hubungan seksual yang terjadwal dengan baik misalnya 2-4 kali dalam seminggu. Kesuburan pria dan juga wanita adalah salah satu hal yang sangat mempengaruhi terjadinya kehamilan. Cara alami yang bisa dilakukan dalam meningkatkan kualitas sperma adalah dengan melakukan hubungan seksual secara teratur tadi. Hal ini disebabkan karena berhubungan erat dengan kualitas sperma dan juga sel telur. Kualitas dari sperma yang baik jika saat sedang melakukan hubungan seksual secara teratur.

Cara Meningkatkan Kualitas Sperma

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan dalam membantu meningkatkan kualitas sperma adalah :

  1. Mengendalikan berat badan atau obesitas dan hindarilah rokok. Berada badan yang terjadi bisa menyebabkan penumpukan lemak pada testis
  2. Tidurlah dengan waktu yang teratur. Karena kualitas dan kuantitas tidur merupakan salah satu hal yang sangat perlu dipertimbangkan untuk bisa mendapatkan kesuburan yang lebih optimal lahi.
  3. Menjaga kebersihan lingkungan rumah dalam membantu meningkatkan kesuburan baik bagi pria ataupun wanita.
  4. Mengonsumsi jenis makanan yang mengandung asam folat. Asam folat merupakan kandungan dari jensi vitamin B kompleks.

Sperma Yang Baik


=====================================

>>> Suplemen Herbal Menambah Jumlah Sperma dan Menambah Kualitas Sperma, KLIK DISINI!
=====================================
This entry was posted in Sperma Yang Baik and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.